SDM Kesehatan Profesional Kunci Percepat TerwujudnyaTransformasi Bidang Kesehatan

Beranda Berita SDM Kesehatan Profesional Kunci Percepat TerwujudnyaTransformasi Bidang Kesehatan

“Transformasi SDM Kesehatan Profesional merupakan salah satu kunci penting dalam membangun kompetensi tenaga kesehatan. Dengan adanya SDM Kesehatan profesional, maka akan mempercepat terwujudnya Transfornasi Bidang Kesehatan, ” tegas Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Dr.dr. I Nyoman Gede Anom, M.Kes, ketika membuka acara Rapat Koordinasi Nasional Sumber Daya Kesehatan (SDK) di Trans Resort Kuta, Senin, 28 Nopember 2022 lalu.

Lebih lanjut, Dr. dr. Nyoman Gede Anom juga menyampaikan pesan Gubernur bahwa Rapat Kerja Nasional SDK dengan Tema optimalisasi Peran SDM Kesehatan dalam mendukung Transformasi Sistem Kesehatan sangatlah tepat dilaksanakan di Bali.

“Perlu Kami Sampaikan, seluruh puskesmas di Provinsi Bali sudah semua memiliki dokter, capaian indikator 9 (sembilan) tenaga strategis di puskesmas mencapai 75% yang artinya masih ada 30 puskesmas dari 120 puskesmas yang belum lengkap memiliki 9 jenis tenaga strategis di puskesmas,”katanya

Pemerintah Provinsi Bali imbuh Gubernur Kostrt yang disampaikan Dr dr Nyoman Gede Anom, bersama-sama dengan kabupaten/kota telah juga mengambil kebijakan pemenuhan kekurangan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan melalui rekrutmen PPPK.

“Hal ini sejalan dengan Visi Pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunhan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru, dimana dalam mewujudkan SDM yang sehat, cerdas, keratif, inovatif dan berkarakter kuat diwujudkan melalui strategi dan program Bali Pintar dan Sehat,”katanya.

Oleh sebab itu tegas Gubernur Koster, Pemerataan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia merupakan harapan besar dari transformasi di bidang sumber daya manusia kesehatan. Serta dibutuhkan peningkatan mutu dan kompetensi dari tenaga kesehatan secara reguler dan berkesinambungan sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan di daerah.

“Tanpa ketersediaan dan kualitas tenaga kesehatan yang memadai, fasilitas kesehatan tidak akan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal,”katanya.

Pemerintah Provinsi Bali ungkap Gubrrnur Koster menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Menteri Kesehatan dan Jajaran Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, atas kepercayaan kepada Provinsi Bali sebagai tempat penyelenggara kegiatan ini.

“Mudah-mudahan suasana Pulau Dewata yang indah dan damai ini dapat menambah semangat dan menyejukan suasana hati Bapak/Ibu kita dalam melaksanakan kegiatan ini,”katanya. (Humas Dinas Kesehatan Provinsi Bali)

Para Peserta Rapat Koordinasi Nasional Sumber Daya Kesehatan (SDK)