Pemda Perluas Akses Yankes Payangan

Beranda Berita Pemda Perluas Akses Yankes Payangan
Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Gianyar Bina Standar-Standar Layanan di RS Payangan

RSU Payangan sudah mulai operasional per- Januari 2020, dimana RS ini merupakan RS dengan klasifikasi C berdiri diatas lahan 50 Are dan rencana perluasan lahan kedepannya. Dinas Kesehatan Provinsi Bali bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar bersama-sama melakukan kunjungan dalam rangka pembinaan standar-standar layanan rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu yankes rumah sakit sehingga dapat memberikan layanan yang profesional kepada masyarakat Gianyar khususnya dan masyarakat Bali pada umumnya. Pembinaan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan akses dan yankes di Bali sesuai dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Putu Camellia menyampaikan bahwa bagi RS yang baru operasional minimal harus melengkapi dokumen administrasi. Dokumen tersebut antara lain Hospital By Low, Hospital Disaster Plan, membentuk tim akreditasi RS dan tim untuk Progam Nasional. RS Juga berkewajiban melaporkan semua kegiatan RS melalui aplikasi online seperti SIRS (Sistem Informasi RS), ASPAK (Aplikasi Sarana Prasarana dan Alat Kesehatan), serta SISRUTE untuk sistem rujukan terintegrasi terutama pada kasus gawat darurat ke RS Rujukan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Dinas Kesehatan Provinsi Bali siap untuk memfasilitasi RS dalam meningkatkan kompetensi SDM ( Sumber Daya Kesehatan ) menuju SDM yang berkualitas dan kompeten di bidangnya. Direktur RSU Payangan menyatakan gedung terdiri dari gedung A, B, C dan D, memiliki 60 tempat tidur. Rencana layanan unggulannya adalah Emergency Service dan kedepannya RSU Payangan akan dikembangkan menjadi “Resort Hospital” karena terletak di daerah pariwisata dengan alam yang begitu indah.

Sumber : Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Bali