70 % Pasien Covid 19 yang meninggal belum divaksin

Beranda Berita 70 % Pasien Covid 19 yang meninggal belum divaksin

“Bercermin dari hasil pendataan lapangan, dimana 70 % pasien yang meninggal akibat covid 19 adalah mereka yang belum divaksin, maka Dinas Kesehatan Provinsi Bali pun kembali melaksanakan rapat koordinasi, untuk melanjutkan program vaksinasi tahap III, “kata I Wayan Widia, SKM, M.Kes selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian penyakit Menular (Kabid P2P)  Dinas Kesehatan Provinsi Bali, ketika dihubungi Humas Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Selasa, 6 Juli 2021.

Lebih lanjut, Widia menjelaskan, Dinas Kesehatan Provinsi Bali telah mengumpulkan semua Kepala Dinas Kesehatan 9 kabupaten kota, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga se-Bali, Kabiddokes Polda Bali serta tim Covid-19 Bali lainnya pada Jumat, 2 Juli lalu secara daring.

“Saat itu Saya memandu jalannya acara tersebut. Dimana bapak Kadiskes menegaskan bahwa capaian vaksinasi Bali 76 % dari 3 juta penduduk di Bali,” katanya.

Widia juga mengatakan bahwa capaian itu dapat menekan tingkat lonjakan pasien Covid-19 di Bali.

“Kita sangat bersyukur karena capaian tersebut. Akan tetapi pak Kadiskes juga mengungkapkan bahwa surat edaran vaksinasi tahap III sdh direalisasikan mulai 1 Juli lalu dan vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Dimana yang divaksin adalah anak-anak 12 – 17 tahun,. Menurut beliau terdapat 213.000 orang yang berusia 12 -17 Tahun yang akan mendapatkan vaksinasi segera, “katanya.

Menindaklanjuti penyampaian Kadiskes terkait surat edaran tersebut, kadisdikpora Provinsi Bali yang diwakili Sekdisnya, papar Widia menyambut baik kegiatan tersebut. 

“Disdikpora Provinsi Bali menyambut baik kegiatan yang kita laksanakan tersebut. Bahkan dari Kabiddokes Polda Bali siap bantu kerahkan semua personelnya demi suksesnya acara tersebut,”katanya.

Widia juga mengungkapkan bahwa kegiatan vaksinasi tahap III itu diserahkan sepenuhnya kepada kabupaten kota untuk mengeksekusinya. 

“Kita percayakan kepada kabupaten kota untuk melaksanakan aktivitas vaksinasi tersebut dan kita akan bantu secara maksimal bersama tim Covid-19 bidang kesehatan,”katanya.

Dari pantauan lapangan, beberapa sekolah  seperti SMAN 3 Denpasar sudah menjadwalkan siswanya mendapatkan vaksinasi mulai Kamis, 8 Juli 2021. (Humas Dinas Kesehatan Provinsi Bali).