SIK-KBS Solusi Integrasi Sistem Informasi Kesehatan antara Fasyankes di Bali

Sabtu, 19 Januari 2019

Dalam mewujudukan Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” dan Misi ke-3 di Bidang Kesehatan yaitu “Mengembangkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Yang Terjangkau, Merata, Adil Dan Berkualitas Serta Didukung Dengan Pengembangan Sistem Dan Data Base Riwayat Kesehatan Krama Bali Berbasis Kecamatan” Dinas Kesehatan Provinsi Bersama Kelompok Ahli Pembangunan di Bidang Bali Smart Island Ir I Dewa Gede Jelantik MSE dan jajaran BPJS Kesehatan perwakilan Bali mengadakan pertemuan Pengembangan Data Base Riwayat Kesehatan Krama Bali Berbasis Kecamatan melalui Sistem Informasi Kesehatan Krama Bali Sejahtera (19/01/2019). Pertemuan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya, MPPM yang menjelaskan keiinginan Provinsi Bali dalam pengembangan Sistem Informasi Kesehatan kedepannya.


Pokli Mengajak Peserta Pertemuan Untuk Berdiskusi Terkait Pengembangan Database Riwayat Kesehatan 
Berbasis Kecamatan di Bali

Aplikasi SIK-KBS ini diharapkan dapat mengintegrasikan seluruh Sistem Informasi Kesehatan yang digunakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan seluruh Bali melalui suatu Database Riwayat Kesehatan Berbasis Kecamatan secara online dan cepat dengan metode penyimpanan secara cloud  Kelompok Ahli (Pokli) memaparkan solusi melaui suatu sistem e-Kesehatan dengan pengembangan e-Puskesmas terintegrasi Sikda Pcare untuk Puskesmas, e-Hospital untuk Rumah Sakit, e-Clinic untuk klinik, E-Doctor untuk Dokter praktek dan e-Rujukan untuk sistem rujukan di Bali. Seluruh sistem tersebut terintegrasi dengan database BPJS dan juga database Dukcapil. Keseluruhan sistem tersebut melalui metode pengambilan data web-service akan terintegrasi menjadi satu aplikasi yaitu SIK-KBS dengan kemampuan aplikasi menampilkan riwayat kesehatan Krama Bali.

Tantangan terbesar dalam pengembangan sistem ini adalah mewujudkan komitmen dari seluruh faskes di Bali untuk melakukan interopabilitas(keterbukaan data secara aman) dari aplikasi yang digunakan agar sistem ini dapat berjalan secara maksimal