Menkes RI Tinjau Pos Pelayanan Kesehatan di Pengungsian Erupsi Gunung Agung

Rabu, 27 September 2017

Menkes RI Prof. Dr. Dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp. M (K) melaksanakan Kunjungan di Bali 26 September 2017. Tujuan dilaksanakan kunjungan ini adalah untuk meninjau pelayanan kesehatan di Pos-pos pengungsian korban Status Awas Erupsi Gunung Agung yang bertempat di RSUD Klungkung, RSUD Karangasem , GOR Sweca Pura Klungkung dan Pos Pengungsian Tanah Ampo Karangasem . Dalam kunjungan ini Menkes RI didampingi Oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Bupati Karangasem
Beberapa Kegiatan Yang Dilakukan Menteri Kesehatan Saat Meninjau Pos Pengungsian dan Pos Kesehatan Status Awas Erupsi Gunung Agung.

Menkes RI mengecek langsung Kesiapan Pelayanan Kesehatan seperti kapasitas tempat tidur, pelayanan UGD, Pelayanan BPJS Kesehatan untuk pasien dan Ketersediaan obat di kedua RSUD tersebut dan juga kondisi para pasien yang menjadi korban status Awas Erupsi Gunung Agung. Setelah meninjau di kedua RSUD tersebut Menkes RI melanjutkan peninjauan di GOR Sweca Pura Klungkung. Dalam peninjauannya di GOR Sweca Pura Menkes Langsung Mengecek Kondisi dari para pengungsi di dalam gedung utama dan pelayanan posko kesehatan. Saat berada di tenda posko kesehatan, Menkes menanyakan persediaan obat-obatan yang diperlukan. Persediaan obat-obatan sampai saat ini masih dalam keadaan cukup untuk para pengungsi.

Menkes juga menghampiri relawan di posko kesehatan. Ia meminta para relawan untuk menjaga kondisi kesehatan mereka, sehingga mampu melayani pengungsi dengan baik. Setelah itu Menkes mengecek posko dapur umum dan kemudian masuk ke gedung utama GOR Swecapura tempat sebagian pengungsi tinggal.