Dukung Pembangunan Kesehatan di Bali Melalui KMD Saka Bakti Husada

Rabu, 02 Mei 2018

Gerakan Pramuka  sebagai wahana kegiatan kaum muda   untuk memantapkan eksistensi  dan  meningkatkan fungsi Pramuka.  Kaum muda diharapkan dapat berkontribusi secara nyata dalam hidup berbangsa dan bernegara melalui kegiatan kepramukaan khususnya dalam kegiatan Saka Bakti Husada. Saka Bakti Husada juga berperan sebagai pelopor hidup sehat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat di sekitarnya, sejalan dengan tujuan pembangunan kesehatan.  Pengetahuan dan keterampilan di bidang kesehatan yang diberikan kepada Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup sehat, yang tidak hanya dimanfaatkan untuk diri sendiri, tetapi dapat dimanfaatkan bagi  masyarakat di sekitarnya. Untuk meningkatkan keterampilan dan Pengetahuan di Bidang Kesehatan maka Dinas Kesehatan Provinsi Bali Melaui Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD) di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali Jl, Letda Tantular No.14 Renon,Denpasar selama 6 Hari (27 April – 2 Mei 2018).

Diikuti oleh lebih dari 30 Orang yang terdiri dari anggota Saka Bakti Husada di 9 Kab/Kota dan Juga Provinsi. Kursus ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali. Dalam sambutannya Ketua Kwartir berharap berharap kepada Para Instruktur dan narasumber  dapat membimbing dan mengarahkan peserta Kursus Mahir Dasar (KMD) Saka Bakti Husada, sehingga mereka mampu menjadi Pembina Pramuka di wilayahnya masing-masing serta memiliki kemauan, kemampuan, kepedulian, kebersamaan, keakraban yang nantinya dapat bermanfaat untuk mendukung program pembangunan di bidang kesehatan.  “Saya berkeyakinan apabila sebagian besar anak - anak kita mengikuti kegiatan Kepramukaan, maka Generasi Muda kita akan  tumbuh menjadi pribadi – pribadi yang tangguh, Cerdas, Mandiri, Disiplin, Sederhana dan memiliki jiwa kesatria dan kesetia kawanan sosial  yang tinggi dan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Saka Bakti Husada Tahun 2018 dapat  berjalan dengan baik serta sesuai rencana”.


Sekda Provinsi Bali (Gambar Kiri Atas) Selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali Membuka Pelaksanaan KMD dan Peserta Saka Bakti Husada Sedang Melaksanakan Pelatihan KMD

Kegiatan Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada diharapkan  dapat  berperan  dalam Pembentukan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Kepanduan, ketrampilan secara  berjenjang dan berkelanjutan. Pendidikan Kepramukaan merupakan tanggung jawab bersama, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota  serta semua pihak/unsur masyarakat dalam rangka mewujudkan Pembentukan Karakter bagi Generasi Muda  di masa yang akan datang. Anggota Pramuka Saka Bakti Husada  dituntut  memiliki karakter  kepribadian, keimanan, ketakwaan, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai – nilai luhur bangsa, memiliki kecakapan hidup, menjaga keutuhan NKRI, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup untuk mewujudkan Indonesia Sehat. Saka   Bakti   Husada   sebagai   Garda Terdepan dalam pembentukan karakter kaum muda, diharapkan      mampu menggerakkan Masyarakat  untuk  Hidup Sehat, sehingga nantinya dapat diwujudkan   masyarakat Bali  yang Mandara” yaitu Bali yang Maju, Aman, Damai dan Sejahtera.  Keterlibatan Gerakan Pramuka khususnya Satuan Karya Pramuka diharapkan  dapat  mempercepat pencapaian sasaran Program/Kegiatan Pembangunan di Daerah Bali.

Kursus Mahir Dasar (KMD) disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik, sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak dan karakter yang sesuai dengan perkembangan jaman. Kegiatan yang dilakukan antara lain : ceramah dan tanya jawab, curah pendapat dan praktek lapangan.