Dinkes Bali Kembali Laksanakan Pengawasan Makanan di Kabupaten Bangli dan Jembrana

Kamis, 09 Agustus 2018

Pada tanggal 8 Agustus 2018 – 9 Agustus 2018 Dinkes Provinsi Bali kembali melaksanakan pemeriksaan makanan di Kabupaten Bangli (08/08/2018) dan Kabupaten Jembrana (09/08/2018) setelah sebelumnya melaksanakan pemeriksaan di Kabupaten Karangasem. Tempat umum yang disasar adalah Pasar Umum di 2 Kabupaten tersebut diantaranya Pasar Kidul Bangli dan Pasar Umum Negara. Tujuan dilaksanakan pengawasan ini adalah untuk memastikan semua bahan makanan aman, bermutu dan bermanfaat dikomsumsi oleh masyarkat. Tim Dinkes baik di Provinsi Bali, Kabupaten Bangli dan Jembrana dari Seksi Kefarmasian melibatkan lintas sektor seperti Dinas Perikanan, Dinas Perdanganan dan Perindustrian Provinsi Bali, Dinas Koperasi Provinsi Bali, Sat Pol. PP Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Hewan Provinsi Bali dan BBPOM.

Hasil pemeriksaan di Kabupaten Bangli diperoleh dari 50 sampel yang dicurigai mengandung formalin ada 1 sampel yang positif jenis makanan Ikan Sudang, dari 26 sampel yang dicurigai mengandung Rhodamin 2 sampel positif mengandung Rhodamin yaitu jenis makanan Jajan Begina dan Roti Kukus, Sedangkan dari 4 sampel masing-masing yang dicurigai mengandung Borax dan Methanyl Yellow hasil nihil.

Sedangkan, hasil pemeriksaan di Kabupaten Jembrana diperoleh dari 50 sampel yang dicurigai mengandung Formalin ada 4 sampel yang positif yaitu jenis makanan udang, sudang lepet, ikan tumbuk dan ikan hiu (kakia), dari 26 sampel yang dicurigai mengandung Rhodamin 1 sampel positif yatu Jenis makanan  jaja putu, dari 4 sampel yang dicurigai mengandung Borax 1 sampel positif yaitu jenis makanan krupuk dan dari 4 sampel yang dicurigai mengadung Methanyl Yellow hasil nihil.


Pelaksanaan Pemeriksaan dan Pengawasan Makanan di Pasar Kidul Kabupaten Bangli


Pelaksanaan Pengawasan dan Pemeriksaan Makanan di Pasar Umum Negara Kabupaten Jembrana