Bali Raih Tenaga Kesehatan Teladan Favorit Tingkat Nasional 2018

Selasa, 21 Agustus 2018

Tenaga kesehatan teladan nasional Provinsi Bali meraih predikat sebagai tenaga kesehatan terfavorit tingkat nasional tahun 2018 pada kegiatan penganugrahan tenaga kesehatan teladan puskesmas tingkat nasional tahun 2018 yang berlangsung di Jakarta selama 6 hari yaitu dari tanggal 15-20 Agustus 2018. Tenaga kesehatan favorit tersebut diperoleh untuk kategori dokter atas nama dr. Wayan Arya Putra Manuaba dari Puskesmas Selemadeg Barat. Bali mengirimkan 5 wakil tenaga kesehatan berdasarkan undangan dari Kementerian Kesehatan RI dalam penganugrahan tersebut. Kelima perwakilan tersebut merupakan peringkat 5 besar tenaga kesehatan teladan Provinsi Bali Tahun 2018 yang berasal dari Puskesmas Selemadeg Barat kategori tenaga dokter, UPT Puskesmas Klungkung I kategori dokter gigi, Puskesmas Selemadeg Barat kategori perawat, Puskesmas I Denpasar Utara kategori farmasi dan UPT puskesmas Nusa Penida I kategori analis. Menteri Kesehatan RI Prof Dr.dr. Nila Djuwita  Anfansa Moeloek SpM(K) membuka kegiatan tersebut dan sangat mengapresiasi loyalitas dan kerja keras tenaga kesehatan yang telah memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna bagi masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 23 Tahun 2016 dijelaskan bahwa untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya tenaga kesehatan yang bekerja di Pusat Kesehatan Masyarakat, perlu diberikan penghargaan atas prestasi dan pengabdiannya dalam pembangunan bidang kesehatan.tenaga kesehatan teladan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dan berprestasi dalam pembangunan di bidang Kesehatan serta memiliki pengetahuan  dan keterampilan melalui pendidikan di Bidang Kesehatan yang yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan. Jenis tenaga kesehatan yang dapat diajukan untuk mendapatkan penghargaan sebagai tenaga kesehatan teladan di Puskesmas meliputi a) Dokter; b) Dokter Gigi; c) Perawat; d) Bidang; e) Tenaga Kesehatan Masyarakat; f) Tenaga Kesehatan Lingkungan; g) Ahli Teknologi Laboratorium Medik; h) Tenaga Gizi dan i) Tenaga Kefarmasian. Tenaga kesehatan yang dapat diajukan untuk mendapatkan penghargaan paling sedikit memenuhi persyaratan antara lain : a) Memiliki prestasi, pengabdian dan inovasi dalam Bidang Kesehatan; b) Memiliki pengalaman kerja di Puskesmas paling sedikit selama 3 (tiga) tahun dan c) Belum pernah terpilih sebagai Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Nasional.

Provinsi Bali Mengirimkan 5 Wakil Nakes Teladannya Untuk Mengikuti Penganugrahan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional 2018

Rangkaian acara dalam kegiatan tersebut antara lain Pidato kenegaraan di Gedung MPR/DPR pada tanggal 16 agustus 2018 dilanjutkan dengan Pengalungan secara simbolis medali kepada perwakilan 10 Kategori Nakes Teladan oleh Menteri Kesehatan RI di gedung BPPSDMK dan pemaparan narasumber dari Kemendagri,Kemenpan RB,Dirjen P2P,Irjen Kemenkes,Dirjen Kesmas,Dirjen BinFar Alkes,Sekjen Kemenkes di Hotel Bidakara Pancoran Jakarta. Tenaga kesehatan teladan juga mengikuti upacra proklamasi kemerdekaan HUT RI ke 73 di kemenkes RI pada tanggal 17 agustus 2018. Keesokan harinya tanggal 18 Agustus 2018 Para Nakes teladan berkesempatan untuk menyaksikan pembukaan ASIAN Games 2018 oleh Presiden RI Joko Widodo. Pada periode terakhir (Tgl.19-20 Agustus 2018) dilaksanakan Audensi dengan Pengurus Besar Organisasi Profesi, Penunjukkan Dokter dan Analis Lab Provinsi Bali sebagai  Narasumber dalam Video Nakes Teladan Kemenkes 2018, Terpilihnya 2 dari 19 Nakes Teladan Kesehatan Se Indonesia bertemu Bapak Presiden Jokowi & Jhony `si Pemanjat tiang` di Istana Merdeka yang diwakili oleh dr.Arya dan Ns. I Made Wikantra.